Home Miscellaneous Cara Menulis Novel: Tips dan Trik bagi Pemula

Cara Menulis Novel: Tips dan Trik bagi Pemula

0
121
Cara Menulis Novel: Tips dan Trik bagi Pemula yang Asik Dicoba

Bayangkan skenario ini: Sudah sejak lama ada satu ide di kepalamu dan baru kali ini kamu memutuskan untuk menuangkannya ke dalam sebuah novel. Kamu mengerjakan semuanya dengan baik, mulai dari perumusan ide, penentuan struktur, hingga sudut pandang cerita.

Tapi kemudian kamu menemukan halangan besar yang menghambat: Kamu tidak tahu bagaimana cara menulis novel dari awal. Yang kamu punya cuma ide dan konsep tanpa tahu langkah apa yang harus diambil untuk benar-benar mengeksekusi rencanamu.

Ini adalah masalah klasik untuk semua penulis pemula. Kamu sudah mengerti tata cara menulis novel secara teknis tetapi tidak memahami apa yang harus dilakukan untuk benar-benar mewujudkan sebuah karya yang nyata.

Jawaban untuk pertanyaanmu tidak mudah; butuh riset mendalam dan uji coba berkesinambungan sebelum kamu bisa menemukan jawabannya.

Mencari tahu tentang cara menulis novel adalah hal yang sederhana. Ada banyak sumber dan literatur di luar sana yang membahas topik ini secara luas.

Permasalahannya, dari semua sumber itu, mungkin hanya separuh yang benar-benar menyentuh tema apa yang harus seorang penulis pemula lakukan seperti kamu sebelum menulis.

Membahas rutinitas pra-penulisan novel berkenaan erat dengan subjektivitas masing-masing penulis. Setiap penulis memiliki cara tersendiri dalam memicu diri mereka untuk memulai proses.

Secara umum, berikut hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri menekuni kegiatan ini:

  1. Cobalah menjadi teratur

Jika memungkinkan, kamu bisa memilih sebuah ruangan di rumah untuk dikhususkan sebagai area bekerja yang bebas dari gangguan. Tetapi, di manapun kamu menulis, pastikan area tersebut tidak membuatmu tersendat dalam menyelesaikan pekerjaan. Pastikan pula semua alat yang diperlukan berada dalam jangkauan dan semua tertata serapi mungkin. Semua tugas, tanggung jawab, dan kewajiban harus diselesaikan di luar jam menulis.

  1. Pilih sistem penyimpanan berkas
See also  Bait-bait Cinta di Santa Monica

Ada banyak aplikasi digital yang bisa digunakan untuk membuat dan menyimpan pekerjaanmu. Pilihan tersedia mulai dari Dropbox, Google Drive, Microsoft OneNote, Evernote, hingga Scrivener. Evernote bisa digunakan untuk membuat catatan dan kisi-kisi sementara Google Drive adalah aplikasi yang bagus untuk menulis dan menyimpan.

  1. Persiapkan alat menulis

Persiapkan benda-benda berikut untuk membuat kisi-kisi atau catatan sementara: buku catatan, pena, buku jurnal, kertas tempel, kartu-kartu kecil, papan buletin, dan pin. Gunakan aplikasi menulis digital dan aplikasi daring untuk memeriksa penggunaan tanda baca dan tata bahasa.

  1. Eksplorasi idemu

Dengan tempat bekerja yang tertata rapi dan alat-alat bantu tersedia dalam jangkauan, kamu sekarang hanya perlu mengeksplorasi idemu lebih mendalam.

  1. Ciptalan strategi pemasaran yang ampuh

Jika kamu berencana menerbitkan bukumu, terutama secara independen, strategi pemasaran sangat diperlukan.

  1. Buatlah kisi-kisi

Pembuatan kerangka karangan bisa dilakukan dengan berbagai metode. Kamu bisa menggunakan cara konvensional: Pecah ide bukumu menjadi beberapa bagian dan turunkan beberapa bab dari masing-masing bagian. Di bawah masing-masing judul bab, buat poin-poin isi sebagai rujukan ketika menulis.

  1. Berkomitmen kepada rencana

Intinya, jika kamu sudah berencana menulis novel, kamu harus konsisten dan bertanggung jawab atas apa yang sudah kamu canangkan. Tentukan target jumlah kata harian dan pastikan target itu terpenuhi setiap hari. Gunakan aplikasi daftar tugas untuk menentukan tenggat. Bergabunglah dengan komunitas menulis di sekitar tempat tinggalmu jika ada atau kamu bisa bergabung dengan grup menulis di Facebook. Carilah teman untuk dijadikan rekan menulis.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here