Menikmati Nasi Pecel Ngawi dengan Bungkus Daun Jati

0
458
Menikmati Nasi Pecel Ngawi dengan Bungkus Daun Jati

Nasi Pecel Ngawi – Nasi pecel merupakan makanan khas yang berasal dari Ngawi, Jawa Timur. Nasi pecel terdiri dari nasi yang diberi topping berupa campuran sayuran seperti bayam, kecambah, dan kacang panjang, serta disiram dengan bumbu kacang sebagai sausnya.

Bumbu kacang yang digunakan biasanya terbuat dari kacang tanah yang telah digoreng dan dihaluskan bersama cabai, bawang putih, asam jawa, dan rempah-rempah lainnya.

Selain nasi pecel yang disajikan dengan sayuran dan bumbu kacang, di beberapa tempat di Ngawi juga disajikan dengan lauk seperti tempe goreng, tahu goreng, atau ayam goreng sebagai pelengkapnya.

Menikmati Nasi Pecel Ngawi dengan Bungkus Daun JatiApa Beda Nasi Pecel Ngawi dan Madiun?

Makanan merakyat ini populer di daerah Ngawi dan sekitarnya, termasuk Madiun. Anda pencinta kuliner pasti sudah tidak asing dengan nasi pecel Madiun. Lalu apakah ada bedanya?

Sebenarnya sama, hanya saja biasanya perbedaan terletak pada penyajian. Ada yang menggunakan daun pisang, daun jati dan piring. Namun, untuk sambelnya, pada dasarnya bumbu dari Ngawi maupun Madiun masing-masing memiliki kenikmatan yang khas.

Selain rasanya yang lezat, nasi pecel juga dianggap sebagai makanan yang sehat karena kandungan gizi yang tinggi dari sayuran dan kacang-kacangan yang digunakannya.

Karena itu, nasi pecel banyak dijadikan sebagai menu sarapan atau makan siang yang sehat dan mengenyangkan.

Buat Anda yang berkesempatan berkunjung ke Kota Ngawi atau Kota Madiun, pastikan Anda menikmati nasi pecelnya. Dengan bungkus daun jati, nasi pecel Ngawi memberikan rasa gurih yang khas dan tak terganti. Selamat mencoba ya!

 

Notes:

Foto diambil dari ResepKoki & Sweetrip Indonesia

See also  Antologi MeiLia