Home Miscellaneous Sejarah Yang Perlu Kamu Tahu: Bola Basket & Seni bermainnya

Sejarah Yang Perlu Kamu Tahu: Bola Basket & Seni bermainnya

0
71
Sejarah Yang Perlu Kamu Tahu: Bola Basket & Seni bermainnya

Apa kabar kamu yang senang berolah raga? Meskipun pandemi masih melanda negeri, tidak berarti olah raga berhenti, kan? Kita tetap butuh butuh melakukan olah raga rutin dan mengonsumsi makanan bergizi untuk menjaga kesehatan. Anak-anak sekolah pun masih melakukan belajar daring, bahkan guru olah raga berpikir keras memberi materi secara online. Ada yang memberikan Soal Penjas Materi Bola Basket Pilihan Ganda dan Jawaban; ada juga yang meminta muridnya merekam aktivitas harian membantu orangtua di rumah.

Bicara tentang bola basket. adakah di antara kamu yang sudah tahu tentang sejarah dan seni bermainnya? Mungkin ada yang sudah. Buat kamu yang belum tahu, yuk kita simak bersama ulasan berikut ini.

Sejarah Bola Basket & Seni bermainnya 

Permainan ini pertama kali ditemukan oleh Dr. James Naismith. Dia adalah seorang dokter sekaligus guru olah raga yang rindu agar siswa-siswanya bisa bermain di dalam ruangan ketika musim dingin. Awalnya bola basket dimainkan dengan menggunakan bola sepak yang dilemparkan ke keranjang, yang terbuat dari buah persik. Itu 124 tahun yang lalu.

Meskipun dimainkan di dalam ruangan, bola basket memerlukan ketangkasan memainkan bola yang mencakup koordinasi antara gerak lomat dan lari. Mata dan tangan juga kaki memilikiperan penting dalam memainkan olah raga ini. Tahun demi tahun, strategi permainan permainan bola basket pun berubah dan berkembang. Seperti apa perkembangannya, mungkin kamu yang berprofesi sebagai guru olah raga bisa menjadikannya materi untuk Soal Penjas Materi Bola Basket Pilihan Ganda dan Jawaban. Bagaimana, masih menyimak? lanjut yuk!

Tahukah kamu kalau bola basket pertama dibuat pada 1893. Satu kantong kareng berbentuk bulat berlapis kulit dijahit. sebelum kulit ditempel ke kantong tersebut, terlebih dahulu dibungkus kain tipis. Inilah cikal bakal bola basket. Kemudian, A.G. Spalding & Bros memperkenalkan bola basket berbahan kulit sintetis pada 1972. Diera 80-an, bola basket bermerek Spalding dijadikan bola resmi pada 1983. Kini, saat basket dimainkan oleh berbagai kategori usia dan kalangan, berat bola, bajan dan ukurannya menyesuaikan.

See also  Cara Menulis Novel: Tips dan Trik bagi Pemula

Tabel ukuran, berat, serta pemakainya:

Sejarah Yang Perlu Kamu Tahu: Bola Basket & Seni bermainnya

(Tabel di atas diambil dari mainbasket.com)

Sekarang, hampir seluruh bola basket memiliki konstruksi sama,yaitu beruba balon tiup karet di dalam, kemudian dilapisi serat sebagai penutup karet. Sementara bagian luarnya bisa beragam bahan dasarnya. Ada yang dari karet, sintetis (kulit tiruan) atau kulit asli. Ada pula yang menggabungkan antara bahan dasar kulit sintetis dan karet.

Nah, itu dia, pecinta olah raga, sejarah bola basket yang mungkin belum kamu tahu. Pas juga sebagai bahan materi gulu olah raga untuk membuat Soal Penjas Materi Bola Basket Pilihan Ganda dan Jawaban. Semoga menginspirasi ya. Selamat berkarya!

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here