Home Miscellaneous Terungkap! Begini Cara Menulis Cerpen yang Berkesan Mendalam

Terungkap! Begini Cara Menulis Cerpen yang Berkesan Mendalam

0
118
Terungkap! Begini Cara Menulis Cerpen yang Berkesan Mendalam

Cerpen atau cerita pendek adalah sebuah bentuk sastra yang dikenal luas. Banyak penulis besar dunia yang memulai karirnya dengan menulis dalam format cerita pendek. Pembaca menikmati cerpen tentu karena si penulis mampu merangkai ide cerita dengan kemasan yang menarik namun cerpen disukai oleh banyak orang lebih karena formatnya yang singkat namun mampu memberikan kesan yang mendalam bagi yang membaca. Tertarik menulis cerpen namun bingung dengan apa yang harus dilakukan agar bisa menciptakan karya yang baik? Berikut adalah beberapa langkah atau cara menulis cerpen yang bisa diikuti.

  • Tentukan emosi inti cerita

Emosi inti yang dimaksud di sini bukanlah semata-mata mengenai gambaran umum tentang cerita. Cerpen yang ditulis sebaiknya mampu meninggalkan kesan mendalam pada pembaca. Sebuah ide cerita mungkin memiliki tema tentang kesedihan namun agar bisa menjadi karya yang berarti, tema tersebut haruslah disertai oleh pengembangan kontekstual yang bisa diterapkan pada keseluruhan struktur cerita. Rasa sedih merupakan sebuah emosi yang kuat namun seorang pria yang pernikahannya telah kandas memiliki tipe kesedihan yang berbeda dari seorang ibu yang kehilangan anaknya.

  • Mulai dengan awal yang menarik

Membuat cerita yang memiliki kalimat pembuka sangat menarik adalah cara menulis cerpen berikutnya. Dan yang perlu dipahami adalah menulis kalimat pembuka yang mengundang pembaca untuk tetap mengikuti alur adalah sesuatu yang tidak mudah. Sebuah kalimat pembuka yang baik adalah yang bisa menentukan suasana cerita dari mula, memperkenalkan karakter, serta sekaligus mampu mengambil perhatian pembaca.

  • Tulislah cerita

Dalam menulis cerpen, ingatlah selalu bahwa ruang yang tersedia sangat terbatas, mengingat ada batasan jumlah kata dalam sebuah cerpen. Sebuah cerpen harus memiliki suasana emosi tunggal dan setiap kalimat yang ditulis harus dibangun menuju emosi yang dimaksud. Baca kembali setiap kalimat yang telah ditulis dan pertimbangkan apakah kalimat tersebut bisa membantu melanjutkan alur atau justru memberikan informasi latar yang tidak signifikan.

  • Pastikan cerpen memiiki akhir yang kuat
See also  Cara Menulis Novel: Tips dan Trik bagi Pemula

Sebuah narasi cerpen, bagaimanapun indah, tidak akan mengesankan apabila tidak ditutup dengan akhir yang kuat. Ketika mendekati akhir cerita, akan ada dorongan untuk menyelesaikan semuanya dengan terburu-buru. Jangan mengikuti dorongan ini! Coba runut kembali ke titik semua konflik dalam cerita usai dan bayangkan kemungkinan bagaiman pembaca menginginkan cerita berakhir.

  • Baca kembali naskah

Cerpen memiliki format yang padat jadi pastikan tidak ada celah untuk kesalahan. Editlah naskah yang sudah selesai dengan cara membacanya ulang setidaknya tiga kali.

  • Edit sendiri naskah cerpen

Semua inkonsistensi yang ada harus dihapus. Ingat, cerpen dengan bentuknya yang singkat membuat pembaca mudah mengenali ketidakselarasan alur. Bahkan jika penghapusan elemen yang ada mengakibatkan penulisan ulang sebagian besar dari cerita, jaga agar nada cerita dan emosi tetap konsisten. Jika cerpen dimaksudkan untuk diikutkan dalam sebuah kompetisi, pastikan untuk mengikuti batasan jumlah kata maksimal jika ada. Hapus kalimat yang tidak berkontribusi pada pembentukan satu emosi tunggal.

  • Minta bantuan orang lain untuk mengedit

Berikan naskah pada seorang teman untuk dibaca atau gunakan jasa pengeditan profesional.

Dengan mengetahui cara menulis cerpen yang benar, karya yang dihasilkan bisa dibuat padat dan bisa meninggalkan kesan mendalam bagi mereka yang membaca. Jangan takut membuat kesalahan dan jagan takut untuk menghapus bagian cerita yang tidak terlalu berguna bagi keseluruhan struktur, meskipun bagian tersebut mungkin terlihat indah.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here